Monday, August 8, 2011

Objek Wisata di Jogjakarta yang Tidak Biasa

Ketika kita mendengar kata Jogja, yang pasti tebesit dalam pikiran kita adalah kraton, parangtristis, kaliurang, prambanan, malioboro, dan objek2 lainnya yang memang menjadi landscape dari kota jogja itu sendiri. seakan tempat tersebut menjadi tujuan utama dari para wisatawan yang datang ke jogja. dan memang benar bahwa tempat- tempat tersebut adalah tujuan wajib dari para pelaku bisnis pariwisata di jogjakarta. namun pernahkah anada mendengar tempat2 lain yang sebenarnya tidak kalah indah, atau bahkan lebih indah dari tempat2 yang saya sebutkan tadi. semisal pantai drini di gunungkidul, atau pantai glagah, atau tempat2 lain yang masih alami dengan keindahan alamnya yang masih terjaga? yah mungkin hanya beberapa orang yang memang benar2 mengenal jogja saja yang tau tentang tempat2 tersebut. 

Nah, disini saya akan coba memberikan sedikit referensi bagi mereka yang ingin berwisata secara " tidak biasa" di jogjakarta ini. dengan pemandangan dan keindahan alam yang tidak kalah menarik dari tempat yang sudah menjadi tujuan wisata utama di kota jogja ini. dan tentu saja tempat2 tersebut memiliki keunikan tersendiri yang akan menjadi ciri khas dari masing2 objek.

okee, beberapa tempat yang akan saya review kali ini mungkin akan terdengar sedikit asing di telinga anda, namun dengan sedikit penjelasan, akan membantu anda untuk membayangkan, atau bahkan memahami betapa indahnya jogja dengan bervariasinya objek wisata yang ada :

1. dimulai dari gugusan pantai yang ada di gunung kidul. jujur, memang gunungkidul memiliki bentang alam yang sangat luar biasa indahnya. dan hal ini semakin ditegaskan dengan adanya beberapa pantai indah yang ada di gunung kidul. selain baron krakal dan kukup, akan rugi apabila anda tidak sempat untuk mengunjungi pantai2 seperti drini, sadranan, siung, sundak, sepanjang, indriyani, dan bahkan wedhiombo. pantai- pantai yang saya sebutkan tadi, kebanyakan memiliki karakteristik yang hampi sama. seperti karakteristik pantai2 gunungkidul pada umumnya. dan wisatawan yang datang belum begitu banyak, jadi dapat memaksimalkan keinginan anda untuk menikmati keindahan pantai bagaikan pantau pribadi anda. :)

pantai wedhiombo :



pantai drini :


pantai sadranan :


pantai sundak :


mengapa sangat disarankan untuk mengunjungi pantai2 di gunungkidul, karena :
1. pantai2 disana biasanya berpasir putih bersih, dan lingkungan juga masih bersih, airnya pun juga jernih.
2. tidak banyak terdapat sampah, tidak seperti pantai2 yang sudah disebutkan sebelumnya.
3. anda akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan di pantai ini, tidak ada rebutan tempat bermain atau terganggu karena wisatawan lain yang bertindak semau sendiri.
4. banyak terdapat karang- karang yang eksotis, yang bisa anda jadikan objek foto.
5. di sepanjang perjalanan menuju ke pantai ini, anda juga akan disuguhi pemandangan yang tak kalah menarik, dengan kearifan warga desa yang ada.

saran buat temen2 yang mau kesana :
1. jangan lupa isi bensin full.
2. bawa baju ganti dong.
3. lengkapi surat2 anda, karena sering ada razia lo.
4. kalo bisa bawa cewek. hahaha' :D

2. Bukit Ngelanggeran : ini adalah bukit yang dulunya merupakan gunung purba. yang menantang dari tempat ini adalah, anda harus mendaki gunung batu yang lumayan menguji fisik anda, namun jangan takut dan malas dulu, karena pemandangan yang disajikan diatas sana sangatlah menggoda. jadi jangan ciutkan nyali anda hanya karena masalah pendakian yang tidak seberapa, dibanding kan dengan view yang didapat. jadi tempat ini sangat layak untuk dicoba. tempat ini sangat cocok untuk foto2 dan mengabadikan momen sunrise serta sunset. untuk review lengkapnya bisa anda baca di artikel yang khusus membahas tempat ini, yang ada di blog ini juga. atau klik link ini : http://kesanpesantulisan.blogspot.com/2011/08/bukit-ngalnggeran-gunung-purba-wisata.html 

namun tempat ini bukanlah tempat yang cocok untuk arisan ibu2 atau syawalan keluarga. :D , saya lebih suka untuk menyebutnya tempat untuk berpetualang di alam, dan sedikit memanjakan mata dengan view yang ada. jadi cocok untuk yang hobi mendaki, foto2, dan melihat luasnya alam.


3. Gua Pindul :ini adalah gua yang terletak di desa beringharjo, karangmojo, kabupaten gunungkidul. ini adalah gua yang didalamnya berisi sungai, dan menawarkan anda perjalanan untuk menyusuri gua tersebut dengan ban apung. jadi layaknya kita bermain air di waterboom, namun kali ini air yang ada adalah air dari dalam gua tersebut. tentu saja pengalaman ini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi anda, dengan pemandangan keindahan dari gua tersebut. apalagi kita melakukan kegiatan wisata ini dengan orang terdekat kita, pasti akan menjadi salah satu pengalaman yang seru.

yang gak bisa berenang? tak perlu takut dengan keamanan yang ada saat kita menyusuri gua tersebut, karena akan ada guide yang menemani kita saat meyusuri gua tersebut, dan tentu saja kita akan dibekali dengan perlengkapan safety seperti helm, pelampung dan perlengkapan lain. jadi tunggu apalagi untuk mencoba pengalaman ini ? :D




4. air terjun sri gethuk : ini adalah air terjun yang ada di kecamatan playen, Gunungkidul. memang air terjun ini tidak begitu terkenal. namun keindahan dari air terjun ini jangan ditanya lagi. sekali lagi saya tegaskan bahwa gunungkidul memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. dengan bebatuan karst yang ia miliki, dan juga pesona alaminya yang belum banyak tersentuh tangan manusia, menjadikan objek yang ada digunungkidul terasa unik dan menarik. melihat ke air terjun ini serasa berada di pedalaman amazon, dengan warna air sungai yang hijau karena tumbuhan, dan juga bebatuan yang ada, benar2 meninggalkan sensasi yang tidak biasa. untuk pembahasan mendalam mengenai air terjun ini, bisa anda lihat di : http://kesanpesantulisan.blogspot.com/2011/08/air-terjun-sri-gethuk-serasa-ada-di.html 



5. Bukit Mangunan dan Hutan Pinus : bukit ini terletak di kecamatan dlingo, atau dari arah imogiri masih naik terus sampai ke arah perbukitan. tempat ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, dan juga kebun buah yang ada. nah inilah tempat yang cocok untuk arisan ibu2 dan syawalan, :D karena tempatnya luas dan cocok untuk ngerumpi. heheh, biaya masuknya pun murah. untuk ibu2 yang suka tanaman dan juga remaja yang suka berfoto2 ria, maupun bapak dan anak yang suka bermain2. disinilah tempat yang cocok. karena menyediakan banyak spot untuk anda kunjungi. pembahasan lebih lanjut dari tempat ini ada di : http://kesanpesantulisan.blogspot.com/2011/08/pesona-bukit-mangunan-dan-hutan-pinus.html



6. Pantai2 yang ada di Kulon progo : salah satu pantai yang paling menarik disini adalah pantai glagah, karena pantai ini memiliki hamparan rumput / laguna yang cukup luas, dan sangat indah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga disini. dan pantai ini juga merupakan pantai yang cukup wajar untuk dijadikan tempat arisan dan syawalan, karena tempatnya luas dan juga sepi. asik untuk menggelar acara besar2an secara berkelompok.

salah satu keunikan dari pantai ini adalah adanya pelabuhan dan kapal2 nelayan yang bisa kita naiki, jadi seaakan berada di Venesia italy!! haha, sedikit melebih2kan dikit gak papa lah. namun memang tempat ini cukup seru untuk dijadikan tempat jalan2. untuk yang suka foto2, tempat ini juga cukup memberikan view yang lumayan. dan anda bisa memilih banyak spot yang ada disini. bukan sebuah kesalahan apabila anda memilih tempat ini sebagai tujuan rekreasi anda, dan rasakan sensasinya. :D



7. Pantai Depok dan Pantai Kwaru : ingin merasakan nikmatnya makan sekaligus memandang indahnya lautan? datang saja ke tempat ini. karena kedua pantai ini memiliki keunikan yang sama, yaitu sama2 pantai yang ditujukan sebagai tempat rekreasi kuliner. disini tersedia berbagai macam makanan dari laut, atau dalam bahasa gaulnya adalah seafood. :D , banyak sekali pilihan yang bisa anda coba disini, dari ikan, cumi, kerang, hingga airnya sekali pun bisa anda coba. dan apabila anda ingin bermain- main di laut, silahkan saja, asal berhati2lah, karena laut pantai selatan memang terkenal ganas. selain mitos yang berkembang mengenai nyai roro kidul. :)

menyangkut isu yang berkembang sebelumnya masalah cacing pantai, yang berbahaya dan mengerikan, sepertinya itu hanyalah masalah persaingan bisnis saja. karena beberapa waktu lalu saya sempat mengunjungi pantai kwaru, dan menanyakan langsung pada penduduk sekitar. dari situ saya bisa menyimpulkan bahkan hal itu cuma sekedar pembunuhan karakter saja. disamping mungkin benar adanya masalah cacing laut tersebut, namun saya rasa nyatanya tidak akan se"ngeri" cerita yang berkembang di masyarakat. jadi bukanlah suatu hal yang aneh jika kita mengunjungi kedua pantai ini. maka dari itu nikmatilah seafood yang ada, dan indahnya lautan sekaligus pemandangan lain yang melintas di atasnya. :D



yah, saya rasa cukup sekian pembahasan mengenai objek2 wisata di jogja yang bisa anda kunjungi, dengan pengalaman yang tidak biasa tentunya. memang rata-rata di jogjakarta, pantai adalah objek wisata yang paling mempunyai banyak daya tarik. sebenarnya masih banyak lagi tempat2 indah di jogja yang belum terekspose dengan baik. namun sepertinya baru itu yang bisa saya sampaikan. semoga berguna bagi anda yang memang ingin merasakan wisata di jogja dengan cara yang berbeda. sekian, ada kurang lebihnya mohon maaf, dan selamat mencoba. :)


No comments:

Post a Comment