Tuesday, August 9, 2011

Pendaratan di Bulan - Nyata atau Hanya Rekayasa ?

Apakah teman- teman sudah melihat film Transformer yang ketiga? seru kan pastinya. film yang berisi adegan- adegan aksi perang antar robot yang sangat menarik, juga pemeran utama yang cantik dan keren2. serta jalan cerita yang berbeda dari film- film indonesia pastinya. :)

Temen- temen pastinya juga nonton film ini dari awal kan? di awal cerita, selama beberapa menit kita disuguhi cerita mengenai pendaratan manusia di bulan, dan tentunya misteri yang disembunyikan oleh NASA pada waktu itu. mengenai adanya makhluk alien yang sebenarnya ada di alam semesta ini. Sempat dijelaskan pula bahwa pendaratan manusia di bulan tersebut sebenarnya juga penuh akan persaingan antar negara. dimana negara superpower yang bersaing pada saat itu adalah Amerika Serikat dengan Uni Soviet ( Rusia ). dalam film tersebut digambarkan pula bagaimana suasana nyata pada saat pendaratan manusia di bulan, dan bahkan disiarkan langsung oleh televisi nasional. Memang sangat terlihat betapa dipujanya amerika pada saat itu, terutama karena mereka berhasil mendaratkan manusia yang pertama kali di bulan, mengalahkan negara Rusia. menjadikan seolah amerika menjadi negara terdepan dalam teknologi pada saat itu.

Namun, yang menajdi misteri sebenarnya bukanlah " apakah ada alien yang hidup di bulan, semacam transformers mungkin? " yang diceritakan dalam film itu. misteri sebenarnya adalah, " apakah manusia benar- benar pernah mendarat di bulan? ", sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik ketika saya mendengarnya. apalagi selama ini, dari SD hingga hampir masuk dunia kerja, saya selalu yakon bahwa neil amstrong adalah orang pertama yang mendarat di bulan, bahkan pada waktu saya SD pun sudah masuk dalam pelajaran yang saya terima pada waktu itu. hmm sungguh suatu hal yang cukup menantang untuk diselidiki. apalagi setelah saya melihat beberapa bukti yang menguatkan teori bahwa, pendaratan manusia ke bulan hanyalah sebuah rekayasa.

Bagaimana saya bisa memberikan pernyataan sepeti itu, seaakan bahwa saya menjadi pihak yang meragukan pendaratan manusia. sepertinya anda perlu sedikit menonton tayangan berikut :


Tayangan di atas merupakan cuplikan dari program TV di AS yang menjelaskan dan memberikan keanehan- keanehan yang terjadi dalam pendaratan manusia di bulan. banyak sekali keganjilan yang ada, yang mungkin dapat anda lihat melalui video tersebut. disini akan kami rangkum beberapa keanehan dan keganjilan yang ada, baik berasal dari video tersebut, maupun pendapat dari para ahli :

1. Kemungkinan manusia untuk mendarat di bulan sangat lah kecil, atau hanya sekitar 1 dari 60.000 kali percobaan.  hal ini diungkapkan oleh Bill Kaysing, seorang penulis buku yang berjudul "We Never Went to The Moon". mengapa Dia berani berkata seperti itu? hal ini mengacu pada teknologi yang tersedia pada saat itu, dan melalui beberapa riset yang dilakukan oleh para peneliti.

2. Seluruh misi peluncuran Apollo sebelum Apollo 11 yang dikatakan berhasil mendarat di bulan ini, mengalami beberapa kerusakan yang parah di banyak bagian. namun pada saat pendaratan ini berhasil , dikatakan oleh NASA bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi pada bagian pesawat apollo tersebut. dan kerusakan- kerusakan yang ada tersebut, kesemuanya telah berhasil diatasi oleh para astronot yang dilatih dengan keras. hmm...

3. Tidak ada film yang dapat dibuat di bulan, karena film akan meleh pada temperatur 250 derajad. walaupun para astronot menggunakan film transparent khusus, namun film ini akan tetap menyusut pada temperatur 200 derajad, dan film ini sendiri belum pernah diuji dalam suhu 250 derajad, sesuai dengan suhu yang ada di bulan. Namun NASA berkata bahwa film tersebut telah dilindungi oleh lapisan pelindung yang dapat melindungi benda dari panas yang berlebih. namun kita seharusnya sadar, bahwa kondisi di bulan yang tidak terdapat udara, maka perambatan panas tidak dapat terjadi melalui konveksi maupun konduksi, jadi perambatan panas yang terjadi pun melalui radiasi. so? anda dapat mengambil kesimpulan sendiri.

4. Semua foto yang dihasilkan sangat jelas, terfokus dan sempurna. pada kenyataannya, kamera yang digunakan untuk mengambil gambar tersebut tidak menggunakan viewfinder dan pengatur cahaya. jadi sangat mengherankan apabila gambar yang diambil bisa sebagus ini :


padahal foto yang diambil tanpa pengatur cahaya dan viewfinder akan menjadi seperti ini :


hmm, mungkin saja para astronot NASA telah terlatih dengan baik untuk mengabadikan sebuah gambar. dan melebihi para fotografer professional. :D

5. Apabila kita melihat ke arah langit di malam hari, pasti kita akan melihat banyak nya bintang yang bertebaran. namun di setiap foto NASA yang dirilis, sama sekali tidak terlihat bintang yang nampak, dan hanya terlihat langit yang gelap dan hitam.



Namun kemudian NASA beralasan bahwa kita tidak dapat melihat bintang di Bulan, tapi sadarkah jika kini mereka sering menerbitkan gambar yang berisi bintang- bintang yang ada di alam semesta? dan beberapa foto yang dipublikasikan oleh NASA pun juga memperlihatkan adanya bintang yang terlihat.

Anda mungkin berpikiran bahwa, "loh mungkin saja waktu itu sedang mendung atau cuaca sedang tidak baik?". hahaha, itu adalah pertanyaan yang sangat lucu, karena apa? karena harusnya anda tau bahwa di bulan tidak terdapat atmosfer, tidak ada air, dan juga tidak terdapat udara. jadi mana mungkin ada awan disana. :) dan kalau anda masih tetap berpikiran, mungkin saja ada awan. silahkan anda berdebat saja dengan bung Toni blank. :D

Dan inilah kejanggalan- kejanggalan nyata yang dapat kita lihat dan kita benar- benar kita sadari setelah melihat Video dan Foto yang diterbitkan oleh NASA mengenai pendaratan di Bulan :

1. Bendera Amerika Serikat yang dapat berkibar


Cobalah anda mencoba berpikir sedikit saja, apa sih yang bikin bendera bisa bisa berkibar? karena adanya angin, dan angin sendiri adalah udara. lalu kenapa bendera amerika ini bisa berkibar? seperti yang terlihat pula dalam video? bukankah mereka sendiri yang mengatakan bahwa di bulan tidak terdapat udara? lalu? heh.. -_-?

2. Bayangan dari cahaya yang tidak paralel :



Bukankah ketika berada di bulan, sumber cahaya yang ada hanyalah matahari saja, dan kenapa ada dua arah bayangan yang berbeda. seakan terdapat 2 buah sumber cahaya yang datang dari arah yang berbeda pula. atau apakah di bulan terdapat dua matahari ? :D

3. Adanya sumber cahaya asing yang terlihat seperti sumber dari sebuah lampu studio :


sadarkah anda dengan foto di atas? bukankah itu adalah sebuah flare yang dapat terlihat ketika kita memotret suatu objek dengan lensa, dan ada cahaya yang menyilaukan dari samping? yah anda dapat berpikir sendiri mengenai hal ini. fotografer pasti tau akan hal ini.

4. Sebuah jejak kaki yang sangat jelas, mengingat permukaan bulan yang sangat kering dan tidak mengandung air :


cobalah anda menginjakkan kaki ke permukaan pasir yang sangat kering, apakah jejak yang dihasilkan akan sejelas ini. tentu sja tidak, lalu kenapa jejak di bulan yang sebegitu kering bisa menampilkan hasil yang sebegitu bagus ?

5. gambar bang adrin yang terlalu jelas :


kita dapat melihat bahwa gambar badan dari astronot tersebut sangatlah jelas, dan itu terlihat sangat aneh. kenapa? karen kita tahu bahwa sebenarnya astronot itu sedang berada pada bayangan pesawat tersebut. dan seharusnya badan dari astronot tersebut haruslah gelap dan tidak dapat menjadi seterang itu. cukup aneh bukan? 

6. Landasan Pesawat yang masih rata, tidak terlihat adanya bekas pendaratan di atasnya.


pernahkah anda menonton film2 mengenai angkasa luar? pada setiap pendaratan maupun lepas landas, pesawat pasti akan mengeluarkan daya dorong yang kuat, yang bahkan bisa menerbangkan apapun di sekitarnya. namun apa yang anda liat disini? landasan dari pesawat tersebut masih saja rata, tidak terdapat bekas lubang pendaratan. ataukah mungkin pesawat ini jatuh begitu saja, tanpa ada daya dorong melawan gravitasi? hmm aneh.

7. Tidak ada benda yang tertinggal di bulan.


neil amstrong berkata bahwa dia meninggalkan bendera amerika dan beberapa peralatan lain di bulan, namun ketika dilihat dari teropong yang ada di bumi, tidak terlihat sedikitpun benda yang tertinggal disana. apakah mereka benar ke bulan, atau jangan2 salah alamat malah ke mars. :D

8. dimana fotografer nya?


jika anda melihat foto ini, pernahkan berpikir siapa yang memfotonya, sedangkan di bayangan tersebut terlihat dua bayangan manusia yang lain. padahal harus anda ketahui, bahwa pada saat itu, diceritakan bahwa hanya ada dua orang tersebut yang ada disana.

Memang banyak sekali kejanggalan dan keanehan yang terbukti dari publikasi NASA mengenai pendaratan ke bulan. namun ada juga sanggahan yang diberikan dari beberapa orang yang percaya tentang pendaratan tersebut. salah satunya adalah, " jika mereka tidak mendarat di bulan ,darimana NASA dapt memperoleh sample dari batu bulan?". saya punya jawaban tersendiri dari pertanyaan tersebut. bukankah kita tahu, untuk mengambil sebuah batu di bulan, apakah harus dengan tangan manusia? apakah robot tidak bisa melakukannya? silahkan anda berpikir mengenai hal itu.

Dan yang paling mengherankan adalah, mengapa pada saat ini dimana teknologi sudah sebegitu majunya, manusia tidak pernah mengirimkan lagi astronot ke bulan. seperti kita tahu bahwa pendaratan manusia ke bulan terakhir kali adalah pada tahun 1972, atau 3 tahun setelah pendaratan neil amstrong. harusnya dalam jangka waktu 40 tahun ini, manusia lebih hebat lagi dan lebih mampu untuk mengirimkan manusia ke bulan. masa 40 tahun lalu bisa , mengapa saat ini tidak diulangi lagi. coba anda pikir juga mengenai hal ini. lalu mengapa NASA melakukan kebohongan ini :

Uni Soviet telah membuat kemajuan lebih awal untuk lomba menuju Bulan. Uni Soviet telah meluncurkan manusia pertama ke ruang angkasa pada tahun 1961 dan 1963 dan juga merupakan manusia-manusia pertama yang mengorbit bumi. Bersama dengan itu, pemerintah amerika harus membuat sebuah catatan lain sesuai dengan janji Presiden Kennedy yang menyatakan bahwa amerika akan mendaratkan manusia di bulan pada akhir era 1960an. Banyak orang yakin bahwa NASA akan menyatakan ketidakmungkinan membawa manusia ke Bulan dengan teknologi yang tesedia saat itu. Kemenangan atas Uni Soviet akan memberikan keuntungan untuk proyek ruang angkasa America.

Foto-Foto
 : NASA tidak pernah memberikan penjelasan terhadap beberapa kesalahan yang terdapat pada foto-foto yang di ambil Apollo. Walaupun begitu banyak pertanyaan yang bermunculan.

Suara : 
Kita tidak akan mendengar suara mesin pada saat pendaratan di bulan pada saat astronot membuat percakapan mengenai jarak tersisa ke permukaan, ia hanya berada beberapa kaki jauhnya dari mesin rocket yang harusnya memiliki daya dorong 10000lb. Hal lain adalah kenyataan bahwa ketika ruang control memberikan pertanyaan, astronot Apollo memberikan jawaban secara instant tanpa delay. Ini tampaknya aneh karena dengan teknologi tahun 1990an pun masih terdapat delay satelit yang menghubungkan inggris dan amerika. Ada delay sekitar 0.7 detik dari London ke California jadi bagaimana mungkin ada balasan langsung percakapan langsung antara ruang control dan bulan? Ada beberapa bukti bahwa juga bila manusia berada di ruang angkasa maka akan terjadi perubahan suara sehingga perlu di analisa terlebih dahulu untuk mendapatkan suara normal, dan 7/10 orang mengatakan suara terdengar seperti seseorang yang sedang membaca script.

Radiasi
 : Seorang penulis amerika telah membuat penelitian dan mengatakan bahwa pesawat ruang angkasa Apollo memerlukan dinding setebal 2 meter untuk menghindari radiasi kosmik yang dapat membakar astronot di dalamnya. Dan juga perlindungan yang sama diperlukan untuk semua alat yang di gunakan seperti film dan kamera. Pernyataan resmi NASA mengatakan bahwa mereka telah ‘melapis’ kamera dengansejenis chat almunium.



Pengeluaran untuk seluruh program Apollo berkisar $25.4 trilyun pada tahun 1969 ($135b trilyun pada tahun 2005). Lihat budget NASA (termasuk Mercury, Gemini, Ranger, Surveyor, Lunar Orbitar, dan program Apollo), hanya pesawat ruang angkasa dan roket Saturn sekitar $83 trilyun tahun 2005 (Pesawat Apollo bernilah $28trilyun, Saturn I, IB, V bernilai sekitar $46 trilyun tahun 2005)

Motives : 
Beberapa motif yang bisa saja melatar belakangi amerika membiayai proyek Apollo adalah:

  1. Pengalih Perhatian : Pemerintah amerika menggunakan aktifitas bulan ini untuk membawa perhatian dunia dari keterlibatan amerika pada perang Vietnam.
  2. Daya Tarik Perang Dingin : Pemerintah amerika menyadari pentingnya memenangkan perlombaan ke Bulan dengan USSR. Pergi ke Bulan, jika hal ini mungkin, akan jadi sangat beresiko dan mahal. Maka akan lebih mudah untuk memalsukan pendaratan ini untuk mendapat kesuksesan.
  3. Uang : NASA mengumpulkan dana sekitar $30 trilyun untuk berpura-pura pergi ke bulan. Ini di gunakan untuk membayar begitu banyak orang, untuk menyediakan semua yang dibutuhkan. Fariasi dari teori ini, industri ruang angkasa di kategorikan sebagai politik ekonomi, seperti industri militer yang menyediakan ladang subur untuk berkembang.
  4. Resiko : Ketersediaan teknologi pada saat itu adalah kesempatan untuk mengetahui bahwa pendaratan bulan mungkin saja berhasil jika benar-benar di coba. Soviet, sebagai competitor program Bulan dengan kemampuan ekonomi, militer dan politik menjadi pesaing terdekat amerika, dapat dibayangkan bagaimana seandainnya amerika gagal mendarat dibulan. Sebagai pemenang amerika berharap untuk mendapatkan dukungan yang lebih luas di mata dunia sebagai Negara terdepan dalam teknologi
Begitulah Lebih kurang pembahasan kali ini mengenai pendaratan manusia di bulan, banyak sekali pro kontra terhadapnya. Bagaimana anda menanggapi semua ini, tergantung bagaimana anda menyerap informasi dan fakta yang anda, dan menghasilkan kesimpulan yang berguna bagi diri anda sendiri. terimakasih.

4 comments:

  1. WOW... sangat menambah wawasan walaupun ketinggalan berita, hehehe...

    terimakasih, bagus artikelnya gan... jelas dan sangat jelas...

    ReplyDelete
  2. Point terakhir dimana, kok saat ini amerika tidak bisa ke bulan, sangat masuk akal, dgn teknologi saat ini, jelas manusia bisa ke bulan dan membangun rumah, dibanding pertama kali , ingat teknologi semakin lama semakin canggih, knpa amerika tidak bisa melakukannya ????

    ReplyDelete
  3. Alasan nya meenghemat biaya. Karna biaya memakai manusia jauh lebih mahal ketimbang menggunakan robot..?? Bisa di terima ga alasan nya?

    ReplyDelete
  4. Alasan nya meenghemat biaya. Karna biaya memakai manusia jauh lebih mahal ketimbang menggunakan robot..?? Bisa di terima ga alasan nya?

    ReplyDelete