Friday, August 5, 2011

bukit nglanggeran (gunung purba) - wisata sekaligus olahraga

yap, mungkin telah banyak blogger yang membahas mengenai gunung api ini, yaaa saya disini itung2 nambahin aja lah. menuh2in review.. hehehe'

oke, gunung api purba nglanggeran ini terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Pathuk Gunungkidul. gak terlalu jauh juga dari kota jogja, tapi gak semua orang tau tempet ini. buktinya, aku juga baru aja tau. hehehe :D tapi kalo anda anak pecinta alam maupun anak kehutanan, pasti udah banyak yang ngerti lah. karena di tempat itu sering juga diadakan kegiatan mapala dll..

oia gimana cara kalo mau kesini? wah caranya gampang banged kok, kalo kamu dari kota jogja, langsung aja menuju ke arah jalan wonosari, dari situ ikutin terus aja jalannya sampai ke piyungan, langsung naek ke arah wonosari. dari situ terus saja sampai ke bukit bintang, naek dikit lagi sampai ke pathuk yang ada pos polisinya disebelah kanan. nah di depan pos polisi, di seberang jalan ada jalan kecil, nah masuk aja ke jalan itu. ikutin aja aspal itu, sampai kalian ketemu ke tower2 pemancar tipi yang tinggi2 banged gitu dee.. wkwk :D nah dari situ terus aja, bukit nya udah keliatan kok. nanti kamu akan ketemu dengan plang / petunjuk arah yang nunjukin arah ke gunung purba itu. ni aku kasih peta jelasnya :

gampang kan, emang gampang buat dicari kok. tenang aja kalo bingung tinggal tanya sama penduduk sekitar pasti udah ngerti. 

nah setelah sampai di tempetnya, kamu parkir aja motornya di tempat parkir yang emang udah disediain. dan satu orangnya kena 3000 kalo gak salah, dan biaya parkirnya 1000 buat motor. setelah itu baru deh kita bisa nae ke atas melihat pemandangan yang indah.

nah disini ni yang berat, jalan menuju ke puncak nya tu emang berat, naik batu yang terjal2 gitu. mungkin kita butuh waktu 15 menit untuk sampai ke puncak, itu pun kalo dengan kecepatan yang tinggi. hahaha' buat yang bawa cewek mending dijagain deh, ato kita bisa jaga di bawahnya, biar bisa jagain dari belakang. hehehe :D

pertamanya sih gak terlalu susah buat naik, karena belum terlalu terjal dan masih ada tali bantuan yang memang udah disediain buat kita. cuman memang kita harus lewatin lorong diantara bebatuan, gelap lagi.. hiii, kadang- kadang juga ada bau menyan gitu. serem juga buat adu nyali.. hehehe..

 keren kan, kaya perjalanan indiana jones gitu kesannya. wkwkwkwk.. tapi emang seru kok, buat olahraga juga, ati2 yang gak penah olahraga dan perutnya tambun. mending pake lift aja kalo nae. :D soalnya kemaren pas nae, sempet ketemu orang gendut behenti di tengah2 jalan, katanya dia gak kuat buat nae. heheh, jadi kasian ngeliatnya, lucu juga sih sebenernya.. :D

kalo uda setengah jalan, kita bakal nemuin jalan yang sempit banget, diantara dua tebing, wuh kaya mau gepeng deh rasanya. dan itu jalan memang harus kita laluin, dan itulah sensasinya.. :D



setelah lewat dari jalan yang kecil banged itu, tinggal dikit lagi deh kita mpe puncak, ah paling nae 50 meter udah nyampe tu. tapi kita juga harus lewat jalan yang lumayan curam lagi. tapi tenang aja, ada tali pembantunya kok, lumayan lah bisa buat pegangan, panjang juga, tapi kalo bisa antri naeknya, biar gak putus tar talinya.


setelah itu, nyampe deh kita di puncak yang paling deket, katanya sih ada puncak yang lebih tinggi lagi, tapi segini aja cukup, udah cape n khabisan napas. hehehe' pemandangannya dijamin mantep deh, apalagi kalo cuaca lagi cerah, dan emang disarankan kita kesini pas lagi cerah, soalnya kalo ujan licin dan berbahaya, kita gak bisa liat pemandangan juga ntar.. nih pic nya di puncak pas sunset :




buat orang pacaran cocok beud tuh :D



narsis dikit ya hahaha :

foto loncat2 juga boleh, tapi ati2 tar terjun :


gimana? asik kan, heheh. udah deket, asik, murah lagi.. hehehe.. dan aku juga mau ngasih review buat tempet ini.

KELEBIHAN :
1. tempatnya bagus, banyak view yang bisa dinikmatin.
2. deket, murah, dan deket dari kota.
3. jalan yang dilaluin udah mulus, aspal mulus deh pokoknya.
4. bisa sedikit menghargai sejarah lah disini.. heheh'
5. baliknya bisa mampir bukit bintang, komplit kan. :D

KEKURANGAN :
1. medan agak berat, terutama yang punya masalah dengan kaki dan fisik.
2. ga ada penerangan di sepanjang jalur naek, jadi diusahakan bawa penerangan sendiri.
3. ga ada yang jual makanan. hahah, ya jelas lah, di puncak gitu lo.. :o

aku kasih nilai 7,5 deh buat tempet ini, tapi overall asik juga buat yang suka pemandangan dari atas gitu..

saran buat temen2 yang mau kesana :
1. usahakan bawa minum yah, soalnya bakal cape tar disana.
2. bawa senter kalo mau nyari sunset. dijamin bakal gelap2an dan bahaya kalo ga ada penerangan.
3. pake lah sepatu yang gak licin, jangan pake sandal minimalis, kalo gak mau jebol.. :D

oke gitu aja, selamat mencoba buat temen2 yang mau kesana, tar cerita2 ya kalo uda nyampe.. heheh.. 

No comments:

Post a Comment