Friday, August 5, 2011

karimun jawa - keindahan yang tersembunyi

aahhhh, punya blog tapi gak digunain. hmm mulai artikel baru lagi ah. membagi kebahagiaan dengan teman- teman. hehehe'

oke mulai dari mana ya, emm kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman yang udah saya jalani selama jalan- jalan di karimun jawa.. itu udah satu tahun yang lalu sih, tapi baru sempet ku ceritakan sekarang disini.
wuh, itu pulau bener- bener punya pantai yang indah banged. dari pertama kali saya menginjakkan kaki disana, udah terlihat n terasa keindahan pulaunya. pasir putih, air yang biru dan pulau yang kecil2 dikejauhan sudah terlihat..

sekedar share poto ni waktu pertama nyampe di pulau itu, sori kalo pucet. maklum habis mabuk laut.. hehehe,

hehehe itu dia , kasihan ya mukanya..

oke kita mulai aja ceritanya, gimana to caranya kalo mau ke karimun jawa? byasanya itu pertanyaan yang wajar dari temen2 yang pengan kesana. caranya gampang kok. tinggal mau pilih perjalanan nae apa, kalo mau naek motor bisa, cuma harus prihatin dikit.. kalo nae mobil ato bis juga bisa, ato malah ikut paket perjalanan juga boleh ( buat yang banyak duit ) :D

saya sendiri sih prefer untuk naik motor, selain karena lebih murah, nanti ketika kita sampai di pulau karimun tersebut, kita akan lebih bebas untuk mengeksplor keindahan alam yang ada disana. contohnya adalah tempat2 indah yang mungkin jarang kita dapaten ketika berjalan2 dengan kapal. contoh adalah beberapa pantai berikut ini, yang saya jelajahin dengan motor :

pantai batu putih :

mencari sunrise :

pantai yang indah, tapi gak tau namanya apa, yang ada di pinggir jalan ketika menuju ke pantai tanjung gelam :

hehehe, itulah enaknya bawa motor sendiri disana, jadi selain kita jalan2 dengan perahu nelayan beserta snorkling dll itu, kita juga bisa dateng ke tempat2 yang selama ini gak disediain oleh para pemandu disana, kita juga bisa dateng dua kali ke tempet yang sama. jadi misal hari pertama kita dateng ke pantai A, nanti hari berikutnya kita juga bisa kesana lagi, tanpa harus dianter oleh pemandu. sebenernya nyewa motor disana bisa sih, tapi menurut saya kok boros ya, belum lagi harga bensin yang mencapai 7000 rupiah per liternya.. hhmmm.

kalo kita mau nae mobil juga bisa, sewaktu berangkat nae kapal, saya juga sempet liat banyak mobil yang masuk ke kapal tu, tapi gak tau juga berapa harga untuk angkut mobil . oia lupa, kalo mau ke karimun jawa ada dua pilihan jalur. bisa kita berangkat dari semarang, atau melewati jepara. perbedaannya adalah, apabila kita lewat semarang, maka otomatis kita harus nae layanan kapal cepat, dan dengan biaya sekali naik sekitar 120 ribuan. dan kita gak bisa bawa motor dari situ. motor harus diinapkan di pelabuhan semarang itu. tapi kalo lewat jepara, kita nae kapal feri, dan biayanya relatif murah, cuma sekitar 30 ribuan aja untuk satu orang, dan 30 ribu lagi untuk biaya angkut motor dalam kapal. pilihan ini biasanya cocok untuk kalangan seperti saya yang memang mau menghemat. hehehe'

tapi ingaaat, setiap kelebihan pasti ada kekurangannya, begitu juga sebaliknya. dengan pilihan kapal feri yang lebih murah, konsekwensinya adalah, perjalan yang dibutuhkan akan semakin lama, kurang lebih 7 jam.. zzzzzz, parah kan, apalagi untuk pemabuk laut seperti saya. serasa satu bulan nae kapal.. hahaha ( lebay ).. tapi memang kalo anda tahan, ya itu gak msalah.. berbeda apabila kita memlih kapal cepat, tentu saja perjalanan akan menyingkat waktu dan lebih nyaman tentunya, hanya sekitar 4 jam saja, dan fasilitas kapal cepat.. berbeda dengan perjalanan kapal feri, yang tentu saja dalamnya seperti pengungsian kalo menurut saya.. hahah'

oke oke, bahasan mengenai pilihan perjalanan udah dibahas. sekarang bagaimana kalo kita udah nyampe sana? mo nginep dimana? hhmmm, di karimun jawa, sama saja dengan di pulau tidung, kita bisa menginap di homestay, atau rumah rumah warga. dan disini homestay nya relatif lebih murah. satu kamar untuk dua orang berkisar sekitar 40 ribu rupiah per malamnya, sedangkan untuk 4 orang, pemilik mematok harga 60 ribu permalam. dan kebetulan saya memilih 4 orang satu kamar, dengan kamar yang relatif luas, sekitar 4x4 meter. cukup lah untuk kami yang badanya relatiff biasa saja, heheh.

untuk biaya makan, di karimun ada satu rumah makan yang terkenal, namanya warung makan bu ester, harganya relatif murah, sama lah dengan warung2 yang ada di jogja.. mungkin ya selisih seribu aja. ada juga warung2 yang lain, biasanya mereka buka di malam hari. dan kalo malam hari, turis2 biasanya kumpul di alun- alun karimun yang letaknya ada di sekitar pantai, dan juga ada di belakang pelabuhan kecil milik warga untuk bersandar kapal2 nelayan.. ni tak kasih pic dermaga kecilnya :

nah kurang lebih dibelakang dermaga itu ada alun-alun, tempet anak2 muda sana beraktifitas. kalo sore byasanya untuk sepak bola, dan kalau malam tempet nongkrong turis2 dengan banyak jajanan makanan disana. heheh'

makan udah, nginep udah, perjalanan juga udah..sekarang kita eksplor keindahan alam di karimun. seperti gambar2 yang udah aku cantumin di depan tadi. pokoknya karimun tu menyimpan bejuta keindahan.. mulai dari pantai, pulau, penduduknya juga ramah ramah. dan yang pasti, kucing disana gendut2.. wkakakak'
ga tau kenapa, mungkin karena ikan2 nelayan yang dijemur itu dicuri sama kucing2 tadi, jadi itung2 makan gratis la si kucing..

kalo mau jalan2 keliling pulau, kita bisa nyewa kapal yang bermuatan 12 orang, bisa satu rombongan dan juga bisa campuran. dengan biaya per orang 40 ribu untuk sewa kapal, dan 35 untuk sewa alat snorkling. kalo mau diving juga bisa, tapi tentu saja dengan alat tambahan dan biaya tambahan juga.. heheh'

kalo ada yang mau hunting rumah2 dan adat bugis juga ada kok, tapi itu letaknya di sebelah utara pulau karimun. disitu banyak banget rumah2 bugis dan juga orang2 bugis. boleh juga kalo kalian mau kenalan dan juga mengabadikan kegitan mereka disana.. :D

ni aku kasih picture pantai2 yang sempet aku abadikan :

ada juga hutan bakau disana, kayanya sih sekarang udah jadi objek baru, liat dari foto2 teman kemaren sih, heheh :

hmmm , kayanya itu aja deh perlu aku terangin. pokonya gak akan menyesal deh kalo mau pergi kesana. indah2 banged pantainya. aku aja kemaren 7 hari disana gak kerasa, masih mau kesana lagi nih rencana. hehehe,

aku bakal ngasih penilaian buat pulau karimun ini :

KELEBIHAN :
1. pantainya emang bagus2 banget, kalo menurutku ish lebih bagus ini daripada bali. mungkin karena disini masih sepi dan masih alami banget.
2. buat yang suka ketenangan pada saat liburan , ini tempat yang pas banget. karena gak seperti objek2 lain yang sudah terlalu rame atau bahkan penuh dengan wisatawan.
3. pantainya masih bersih2 dan belum banyak terekspose, jadi masih bener2 kejaga bentuk alaminya.
4. biaya snorkling adn diving lebih murah dari tempat2 laen. mungki nkarena belum begitu terkenal, jadi pemilik juga gak mau semena- mena menaikkan harga.
5. ada puluhan pulau kecil yang pantainya indah banged, dan gak bakal habis kalian datengan satu2.. hehehe'
6. airnya jernih dab gak ada polusi atau sampah2 disana.
7. tempat sempurna untuk nyari sunrise dan sunset. ( kalo cuaca cerah sih )

KEKURANGAN :
1. disini gak ada internet ato warnet, katanya penduduk sekitar sih ada satu, tapi aku nyari2 kok ga ketemu ya.. :D
2. jalan2 darat menuju objek pantai yang bagus masih belum tersedia dengan baik. kebanyakan jalan darat cuma jalan setapak aja. dan kalao nae motor puna harus offroad gitu lah.
3. listrik kalo siang mati, idupnya cuma kalo malem aja. jadi siap2 aja kalo ngecharge baterai hape harus malem2.. hehehe
4. gak ada yang jual es krim kalo kepanasan.. wahahahaha :D

itu dulu deh reviewnya, tapi overall ni tempat bagus banged deh. salah satu tempat terbaik yang pernah aku datengin.. hehehe. aku kasih skor 9 untuk pulau ini. untuk range 1-10 deh..

estimasi biaya hidup disana, dan juga biaya yang laen :

makan : 30 ribu per hari ( ngirit :D ), kalo mau mewah dikit ya 40rb per hari lah..
transport ke karimun : kapal cepat = 120rb , feri = 30rb penumpang, 30rb motor..
jalan2 dengan kapal : 40rb sewa kapal, 35rb alat snorkling..
penginapan : 40rb semalam untuk 2 orang, 60 rb untuk 4 orang
oleh2 : terserah lah.. :D

saranku kalau mau ada yang kesana, mending ngajak temen yang punya pengalaman disana juga, biar kita bisa daept harga yang murah dan penginapan yang terpercaya. juga tempet2 indah yang gak bakal kita lewatin deh. hehehe.. kalo mau ngajak aku juga boleh.. :D

oke, segini aja dulu ah.. ketemu lagi dengan review tempat2 indah lain yang pernah aku kunjungin.. byee..