Friday, August 5, 2011

Bromo - lukisan dari alam

okee kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai keindahan dan keajaiban dari bromo, hohoho lebay sitik ga papa.. hehe' tapi aku ga akan membahas masalah rute, jalan, atau penginapan. pokoknya kali ini kita cuma terfokus ke keindahan dan pengalaman ku saja.. hehe. maklum, soalnya disana aku nginep ditempet temen, n makan udah dikasih. ngirit dikit.. :D

ceritanya gini, dari kecil, jujur aku udah lama denger dan tau kalo bromo tu bagus banged. liatnya si cuma dari tipi, tapi emang aku udah terpesona banget ngeliatnya. apalagi tiap ada media yang nampilin bromo, kan bentuknya kaya lukisan tu, aku mikirnya, mosok ah gunung gambarnya bisa sebagus itu, kaya retak2 gimana.. dalam hati kecilku bergumam seperti itu, ciee ( waktu kecil dulu ), jadilah rizang kecil punya impian buat bisa dateng ke bromo dan buktiin langsung kaya gimana sih bentuk n pemandangan bromo. apakah bener seperti apa yang ada di pilm2 dan media2 itu?

bertahun- tahun berlalu, dan aku pun sampai lupa kalo dulu aku punya imipian buat bisa dateng ke bromo langsung. sampai pada akhirnya, saat aku menginjak bangku kuliah, aku punya ide untuk sewaktu2 bisa maen kesana langsung. mumpung aku juga punya temen yang asli anak malang. hehe, nah disusunlah rencana buat bisa kesana. hmm tapi sayangnya setelah lama kemudian, muncul kesulitan buat bisa kesana, kendalanya adalah masalah waktu. maklum anak ugm kan sibuk2 bro.. wkwkwk'

beberapa waktu berlalu, aku juga uda mulai lupa ni masalah rencana ke bromo. sampai suatu ketika datang lah liburan mid semester. nah ternyata ada temenku yang merencanakan touring ke bromo. oke tentu saja aku ikut, memang dari dulu aku pengen kesana. akhirnya impian untuk berangkat ke bromo pun jadi kenyataan. hehehe'

disusunlah semua persiapan dan rute yang akan dijalani, total kami ada 10 orang kalo gak salah, hehe. pokoknya kita mau ke bromo, sampai ada yang bela2in nae bis juga tuh. ntar ketemu disana aja. okelah kita jadi berangkat hari jumat setelah sholat jumat, berangkat ngeng ngengg... nae motor.. wuh perjalanan jauh juga bro, sampai cape ni pantat, mungkin kalo bisa ngmg dia bakal teriak2 tuh. akhirnya kita nyampe juga di malang jam 2 pagi. gila kan, dari 1 siang sampai 2 malem, itu pun gara2 waktu istirahat yang sangat banyak tersita di perjalanan. okelah gak usah tidur, langsung kita tancap ke bromo. melawan dinginnya malam dan truk2 yang berkeliaran dengan kecepatan tinggi. rencana awal sih kita mau liat sunrise disana.

hmm, tapi apa bole buat, ternyata kita kesasar di hutan, mana bensin temen2 pada abis. ga ada yang jual bensin pula, masih tutup. maklum kita nyampe hutan sekitaran bromo jam 4 pagi. zzzzz , dingin banged pokonya.. oke, kita putusin buat sholat subuh n nunggu yang jual bensin buka, yah ga jadi de liat sunrise nya. gapapa lah, memang keadaan tidak memungkinkan.

akhirnya kita jadi berangkat ke bromo jam 6 pagi, dari masjid langsung menuju ke bromo dengan bermodalkan GPS sebagai penunjuk arah. dan setelah 1 jam perjalanan, kita sampai di sebuah jalan menanjak, yang disamping kanan kirinya adalah pohon2 yang lumayan rindang. kemudian tiba- tiba, jalan di depanku hilang, ternyata aku sudah sampai puncak dari tanjakan itu, dan ketika aku arahkan pandangan kedepan.. wow subhanallah, pemandangan yang sangat indah ada di depan mataku..

tak perlu jauh2 aku mendaki untuk melihat pemandangan ini. cukup berdiri dipinggir jalan yang sedang aku lalui itu, kudapatkan pemandangan yang selama ini hanya bisa kulihat di televisi. hmm, ternyata benar ya sama. hahaha.. tapi memang benar, pemandangan saat itu bagaikan lukisan raksasa yang sedang dipajang di depanku. kabut tipis yang menyelimuti kawah, barisan motorcross dan hartop yang terlihat sangat kecil di atas kawah. hmm.. sungguh aku tak pernah melihat pemandangan yang seperti ini. benar dan sangat wajar apabila keindahan bromo terkenal sampai ke penjuru dunia. memang pemandangan yang nyaris sempurna. wah, tentu saja tak akan kulewatkan kesempatan ini untuk berfoto2 ria.. hehehe..

setelah puas berfoto dan mengamati secara cermat keindahan bromo, kami pun memutuskan untuk turun ke bawah, dan tentu saja dengan menggunakan jasa dari pemandu. tak masalah bayar sedkit mahal, tapi yang penting kita selamat. hehehe.. sampai di bawah, pemandangan pun tak kalah apik, kebetulan saat itu bromo sedang erupsi, namun tidak ada larangan untuk menuju kesana, dan erupsi yang terjadi pun dalam skala kecil.

sampai di bawah kita dapat menikmati pura yang ada di kawah tersebut, dapat pula kita naik kuda dan jalan2 di sekitar kawah. tentu saja dengan menyewa kuda tersebut. disana aku juga sempat melihat 2 orang turis yang nekat untuk naik ke kawah bromo, hmm nekat juga. maklum lah bule gila mungkin. tapi akhirnya mereka juga balik dengan selamat. hanya bermandikan abu vulkanik yang menutupi seluruh rambut mereka. gatal juga pastinya..hmm..

setelah puas untuk berfoto2 di bawah, kami memutuskan untuk kembali ke malang, dan kami pun memilih jalur utara. ternyata pemandangan balik pun tidak kalah menariknya. hamparan rumput dan bunga yang sangat luas menghiasi jalan tersebut. seperti dalam film2 luar negeri. dengan tebing2 yang berdiri seakan menunjukkan keangkuhan dan keindahannya. benar2 seperti dalam film animasi. aku pun tak bisa berkata- kata dan hanya sempat mengabadikan beberapa foto saja. hmmm sungguh luar biasa..

ini temenku gak mau berdiri lagi, karena keasikan, hahaha :

akhirnya kami pun balik ke malang deh, pulang dengan selamat  dengan berjuta kesan indah yang kami dapatkan di bromo, tetapi juga meninggalkan kenangan yang sedikit  tidak mengenakkan. bagaimana pemerintah indonesia kurang peduli dengan pengelolaan wisatanya sendiri. sungguh mengherankan.

untuk landscape seindah bromo, aku berikan nilai 9,5 karena pemandangan ini akan sangat jarang dijumpai ditempat lain, atau bahkan tidak ada.

tapi aku juga memberikan sedikit review mengenai bromo :

KELEBIHAN :
1. banyak banged kelebihannya. keindahan yang ga ada tandingannya pokoknya, dan ga bisa disebutin satu2.
2. daerahnya cakupan luas, dan kita dapet banyak spot disini.

KEKURANGAN :
1. jujur saja ada satu hal yang membuatku sedikit kecewa. ternyata pengelolaan dari pemerintah daerahnya kurang maksimal. terutama mengenai akses menuju tempat ini. dengan objek yang sebegitu indah dan terkenalnya, ternyata jalan2 menuju ke bromo dan terutama akses menuju kawahnya benar2 tidak nyaman. bahkan cnderung membahayakan. sangat curam dan tidak terurus. memang, masalah jalur transportasi adalah masalah klasik pada tempat2 wisata di indonesia. namun yang ini sungguh memprihatinkan, dengan keadaan sperti ini bagaimana bromo bisa makin maju dan dikenal. sepertinya pemirintah tidak sadar dengan kelebihan tersembunyi yang dimiliki bromo, dan merasa sudah cukup puas dengan sarana yang diberikan selama ini. padahal jika bromo diolah dengan lebih baik lagi, maka aku yakin pasti akan menghasilkan pemasukan yang akan jauh lebih besar. sayang sekali kita tidak mempunyai pemerintah yang peduli terhadap wisata sendiri.
2. harusnya bromo dapat dikelola secara resmi, dan para gaet2 dapat diberi pelatihan dan sosialisasi agar memberikan kesan yang baik kepada turis.

saran saya buat temen2 yang mau kesana :
1. pakailah baju hangat, karena disana sangat dingin, baik siang maupun pagi dan sore hari.
2. bawalah bekal secukupnya.
3. sewalah hartop atau motorcross, karena ke bromo dengan kendaran pribadi akan sangat menyulitkan, terutama apabila anda berniat untuk menuju ke arah kawah.

oke sekiranya cukup lah cerita saya, mungkin hanya itu yang bisa saya bagi. karena saya juga tidak begitu paham dengan seluk beluk bromo sendiri. namun sebagai seorang wisatawan, saya kira itulah kesan yang bisa saya tangkap dari kunjungan saya ke bromo. terimakasih atas waktunya teman. dan kabar- kabar jika anda mau menuju kesana. bisa juga mengajak saya lagi. hehehe :D