Tuesday, September 13, 2011

Rafting di Gua Pindul - asik buat seru2an

Mulai lagi menulis. kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman kemaren, ketika berkesempatan untuk mengunjungi dan menikmati keindahan pesona dari sebuah objek yang diberi nama Gua Pindul. Oia kalo temen- temen belom tau, dimana sih gua pindul itu? Gua pindul terletak di Dusun Gelaran, Desa Beliharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Kalo diukur dari jogja, kira- kira memakan waktu perjalanan 45 menit dengan kendaraan bermotor ( mobil dan motor ), 3 jam menggunakan sepeda, dan 5 jam untuk becak. (haha ngelawak mas? ) ya pokonya jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 35 km.

dimana sih letak pastinya? oke saya akan memberikan sedikit gambaran dengan citra dari google maps.
ini jika dilihat secara luas dari wilayah jogja : ( klik untuk memperbesar )

sedikit zoom, dalam cakupan area gunungkidul :

zoom lagi :

dikit lagi :

nah itu tadi adalah peta dari google maps tentang lokasi dari gua pindul tersebut. mungkin tidak terlalu jelas, tapi setidaknya bisa sedikit membantu. hehe, ato mungkin bisa saya jelaskan sedikit dengan penjelasan langsung.

oke, apabila anda berangkat dari kota jogja, langsung saja menuju ke arah jalan wonosari. anda dapet lewat mana saja, asal sampai di jalan wonosari lah. lalu kemudian turuti saja jalan tersebut sampai ke piyungan, naik lagi ke arah pathuk. lalu turuti lagi jalan tersebut ke arah kota wonosari. anda akan melewati hutan bunder, dan juga pertigaan ke arah playen, ambil saja jalur kiri ke arah kota wonosari. sampai nantinya anda akan bertemu dengan perempatan tanpa lampu lalu lintas, yang bernama perempatan Siono. dimana di tengah- tengah jalan tersebut terdapat bunderan kecil. dan perempatan tersebut terbagi dalam 3 arah. jalur kanan adalah jalur cepat menuju pantai selatan gunungkidul. jalur tengah adalah arah ke kota, dan jalur kiri untuk ke arah gua pindul. nah kita ambil arah kiri. anda dapat langsung turuti jalan tersebut, dan ikuti saja rambu2 menuju ke arah gua pindul. atau anda bisa tanya pada penduduk sekitar, atau lebih mudah lagi jika anda menggunakan GPS. :)

Setelah sampai ke gua pindul, anda dapat memilih kegiatan wisata apa yang akan anda lakukan disana. apakah anda akan melakukan caving di gua pindul dan gua2 lain. atau memilih melakukan rafting. dan biaya yang ditawarkan pun juga bervariasi, terserah anda lebih enjoy untuk menikmati kegiatan apa. dan kali ini saya berkesempatan untuk rafting di sungai sekitar gua pindul. berapa biayanya? sekali rafting dikenakan biaya 500 ribu untuk 11 orang. jadi sepertinya semakin banyak pengikut, akan semakin murah, maka ajaklah teman sebanyak2nya. hehe, karena pastinya juga akan terasa lebih seru jika banyak teman bukan?

Tahap pertama yang kita lakukan adalah ganti baju terlebih dahulu, tentu saja anda harus mempersiapkan baju ganti terlebih dahulu dari rumah. karena acara yang kita lakukan disini adalah acara basah basah. disini para pengelola gua pindul menyediakan perlengkapan antara lain : pelampung, ban, dan sepatu plastik untuk pelindung. lalu bagaimana dengan acara foto memfoto? tentu saja kita takut dengan keselamatan kamera kita jika dibawa dalam kegiatan air seperti ini. emm, tenang saja, tak perlu bersiap2 dengan kamera underwater, karena disini pengelola sudah mempersiapkan satu orang pasukan mereka yang bertugas untuk mengabadikan momen kita. jadi serahkan saja kamera kita kepadanya, maka dia akan bertugas dengan baik untuk menjepret momen2 dan ekspresi kelucuan kita. heheh..

Setelah kita semua siap dan telah memakai alat- alat yang diperlukan, kita berangkaat.. oia, tapi jangan lupa juga untuk memasukkan barang- barang berharga kita ke dalam loket yang telah disediakan. dan juga periksa kantong celana maupun baju kita, jangan sampai barang2 elektronik masih terbawa. setelah yakin semua siap, mari naik pick up, yang akan membawa kita ke sungai yang akan dijadikan tempat rafting, eh tapi jangan lupa foto bareng dulu. :D

naik pick up :

perjalanan dengan pick up mungkin hanya ditempuh selama 10 menit saja, karena jaraknya yang relatif dekat. dan sepanjang perjalanan kita akan disuguhi hamparan sawah yang menghijau dan menyegarkan mata tentunya. setelah sampai, mari kita turun, dan mengambil ban yang telah disediakan untuk kegiatan rafting. ternyata disini bukan rafting seperti yang saya bayangkan, hhe. maklum belom pernah nyobain sebelumnya. jadi disini kita pake ban sendiri2 untuk tempat kira mengapung. bukan dengan perahu karet seperti rafting pada umumnya. tapi itu bukan jadi masalah, yang penting seru2an lah.

oke, setelah itu mari kita menyusur sungai untuk menuju ke tempat rafting nya. mungkin hanya jalan kaki sekitar 200m kita sudah sampai tempat start rafting nya.

nah disini kita mulai maen2 air nya. rebahkan badanmu di atas ban yang gede2 itu, dan ikuti saja alurnya. nanti pemandu akan membawa kita menyusuri sungai tersebut, dan kalau arusnya sudah lumayan gede, kita akan terbawa arus dengan sendirinya kok. namun tak perlu takut akan hilang ditelan arus, karena bapak2 pemandu itu akan selalu siap sedia menjaga dan mengawasi kita, layaknya seorang pengawal. hahah, oia jangan lupa juga untuk bersikap sadar kamera, karena mas2 yang bertugas mengambil gambar akan selalu mengambil gambar kita, sadar atau pun tidak. jadi semacam candid gitu lah. sungai yang kita susuri :

sayangnya waktu itu kami datang disaat musim kemarau, dan air yang ada di sungai pun sudah lumayan surut. sebenarnya kalau musim biasa atau musim hujan, ketinggian air bisa 2m lebih tinggi dari ketinggian saat itu lo, dan arus nya pun lebih kuat, dan sungainya jadi lebih dalam juga. tapi semakin kuat arusnya, maka perjalanan yang kita jalani pun akan semakin singkat pula.

setelah menyusuri sungai selama kurang lebih 20 menit, kita akan bertemu dengan air terjun kecil yang berasal dari air sawah di atasnya, walaupun kecil, tapi cukup menyegarkan juga lo. dan satu persatu dari kami akan dilewatkan di bawah air terjun tersebut untuk merasakan sensasi kesegarannya. ( hahah lebay )

sebenarnya memang banyak air terjun kecil2 yang ada disana, dan cukup indah juga untuk dilihat dari bawah. serasa ada di luar negeri. hmm memang indah indonesiaku ini. hehe, apalagi gunungkidul itu indah2 juga tempetnya. senang bisa hidup di jogja. # malah curhat

lihat kan foto di atas, nah disini nih kita paling lama menghabiskan waktu. karena memang tempatnya yang indah dan bakal membuat kita betah disini. kita bisa maen2 air, renang2 ga jelas, atau bahkan melompat dari atas. nah ini dia yang cukup asik, karena walaupun bagiku cukup seru dan gak terlalu menantang sih ( hahah sombong ) tapi bagi beberapa temen2 mungkin sedikit menakutkan. karena kita harus terjun ke dalam air dari ketinggian sekitar 4,5m. kaya terjun dari lantai 2 lah. tapi kan bedanya ini di air, jadi aman2 saja.

foto dulu kalo mau terjun :

eh ada paus nyebur, hahah :D

sebenernya ada juga sih lokasi terjun yang lebih tinggi lagi, sekitar 6 m lah. tapi gak semua berani lompat. dan sepertinya mas fotografernya gak sempat moto. karena malah ikutan lompat juga. hahah, yo gak papa lah. dia kan juga manusia, pasti pengen juga seneng2 kalo liat orang lain ketawa2.

nah setelah puas maen air, mari kita pulang. perjalanan pulang kita masih sama. menyusuri sungai dengan ban. total perjalanan maen2 ini menghabiskan waktu 2 jam lah. dari jam setengah 4 sore terjun, kita mentas jam 5an. seru loh. heheh..

mau balik foto2 dulu :

nah, cape deh maen air mulu. sekarang kita balik dan ganti baju. hmm, pasti laper kan rasanya kalo habis maen air, santai saja, ternyata paket perjalanan kita ini sudah termasuk makan juga lo. pilihan makanannya adalah mie ayam atau bakso, dan minuman es teh jeruk dan satu lagi minuman apa itu lupa. pokoknya rasanya seperti kismis lah.

Nah itu dia rangkaian kegiatan senang- senang kami. hehe, buat temen2 yang mau kesana seru juga loh. tempat ini memang menawarkan pesona yang jarang ditemui di tempat lain. saya berikan score 8 lah untuk ni tempat. karena perasaan senang dan tenggelam dalam kebersamaan begitu kuat dalam perjalanan kami kali ini. ciieee.. :D hahah'

Oia review dari tempat ini:

KELEBIHAN :
1. seru, banyak hal baru yang saya temui di objek ini.
2. buat yang suka renang2, ini tempat cocok banget lah.
3. gak ada masalah juga buat gak bisa berenang, karen selalu ada pelampung dan pemandu yang mendampingi.
4. tempatnya masih benar2 alami, dan benar2 terasa suasana pedesaanya.

KEKURANGAN :
1. Mungkin penunjuk jalannya kurang jelas, jadi susah buat nemuin tempatnya.
2. akses jalan masih buruk, mungkin bisa dibenahi beberapa bulan ke depan.
3. tergantung cuaca juga sih, kalo lagi banjir mungkin sedikit berbahaya, begitu juga kalo lagi surut sedikit mengurangi keindahan.

Saran Buat temen2 yang mau kesana :
1. Jelas harus bawa baju ganti.
2. Harus tahu jalan juga dong. :D
3. bawa teman sebanyak mungkin biar seru. min 8 orang lah.
4. gak perlu dandan yang ribet2, tar juga gak kepake. hehehe..

Oke segitu dulu cerita saya, disambung dengan cerita dari tempat lain. dan selamat mencoba buat temen2 yang mau kesana. semoga gak nyasar dan selamat sampai tujuan. ditunggu foto2nya, dan jangan lupa ajak2 aku ya. :D